Selasa, 04 Desember 2012

Cara Penanggulangan Malware


Mengingat bahaya yang ditimbulkan oleh Malware ini, maka kita sebagai pengguna komputer dan Internet sudah selayaknya waspada dan mengetahui cara untuk menanggulanginya. 
Berikut langkah-langkah Pencagahan dan Mengatasi nya :
          1. Langkah-Langkah Untuk Pencegahan
  • Tidak mengupload lagi file-file website yang telah terinfeksi malware File-file yang telah terinfeksi malware, dan tidak melakukan pembersihan script, sebaiknya tidak di upload ulang, karena hal tersebut masih akan terdeksi virus dan website anda di blokir oleh google lagi.
  •  Gunakan dan selalu update antivirus Dengan adanya antivirus yang terupdate, malware baru dapat dikenali. Semakin tahun berganti, Trojan dan variannya semakin berkembang dan semakin intens dalam penyebarannya. Karena itu sebaiknya Lengkapi PC/Laptop anda dengan update info-info terkini. Tidak perlu tahu terlalu mendetail, cukup mengenal secara general dan mengerti trend penyebaran.
  •  Ubah Password, Malware mungkin sudah mengetahui password anda. Sebaiknya password diubah secara berkala. Password tersebut meliputi password akun windows, password e-mail, FTP, administrator website, Cpanel dan laiin-lain.
  • Update perangkat lunak, Update perangkat lunak, apalagi sistem operasi, akan menutup celah keamanan.Celah yang tadinya bisa digunakan malware untuk masuk bisa ditutupi. Pada saat ini kebanyakan sistem operasi dan perangkat lunak telah menyediakan fasilitas update secara otomatis.
  •  Melakukan Filter atas Informasi dan Data yang di terima, Dunia Internet yang amat luas memungkinkan informasi mengalir demikian cepat. Melompati batas – batas negara dan perundangan. Tapi tidak semua informasi dan data dapat di percaya. Gunakan selalu akal sehat, rasio dan pemikiran yang matang ketika melakukan justifikasi. Kumpulkan data sebanyak mungkin lalu bandingkan seobjektif mungkin.
  • Gunakan antispyware, Spyware merupakan turunan dari adware, yang memantau kebiasaan pengguna dalam melakukan perjalanan atau penjelajahan internet dan pada umumnya bisa berupa virus.
  • Backup file, Backup file ke media lain seperti CD, DVD atau hard disk eksternal sehingga data tak akan terganggu meskipun komputer terserang malware.
2. Langkah-Langkah Apabila telah Terinfeksi
  • Deteksi dan tentukan dimanakah kira-kira sumber virus tersebut apakah di disket, jaringan, email dsb, jika terhubung ke jaringan maka sebaiknya mengisolasi komputer dahulu (baik dengan melepas kabel atau mendisable dari control panel)
  • Identifikasi dan klasifikasikan jenis virus apa yang menyerang pada PC tersebut dengan cara Gejala yang timbul, misal  pesan, file yang corrupt atau hilang dsb dan Scan dengan antivirus terbaru.
  • Bersihkan, setelah berhasil mendeteksi dan mengenalinya maka usahakan segera untuk mencari removal atau cara-cara untuk memusnahkannya di situs-situs yang memberikan informasi perkembangan virus. Hal ini jika antivirus yang sudah dimiliki tidak berhasil memusnahkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar